content top

Quranic Power: Karakter dan Potensi Dasar Juz 5

Setelah kita membedah secara umum karakter dan potensi dasar dari Juz 5, maka kita dapat menyimpulkan bahwa orang yang ber-Juz 5 memiliki potensi dan karakter dasar sebagai berikut ;
  • Tulus dan tanggung jawab kepada keluarga - terkadang lemah/takut berlebihan untuk/ketika menghadapi konflik atau benturan dan ekstrimnya kurang PD.(An-Nisaa)
  • Sebagaimana hidangan yang secara alami mengundang banyak orang - begitu pula orang yang dipengaruhi surat ini. Ia mudah menyebabkan orang mengeksploitasi dirinya. Akan tetapi, jika memiliki potensi lainnya yang kuat maka justru ia dapat menjadi orang yang banyak dibutuhan. (Al-Maaidah)
  • Mudah ngambek atau tersinggung (Yunuus)
  • Memiliki potensi mampu membaca Ayat-Ayat Allah baik yang bersifat kauniyah (alam semesta) atau Qur’aniyah.
  • Cendrung keras kepala namun kaya potensi spiritualnya (Al-Hijr)
ANALISIS
Komposisi Juz 5 yang hanya terdiri dari Surat An-Nisa walau tidak utuh, bisa dikatakan pengaruh potensi An-Nisa sangat besar. Pada Juz 3, komposisi Surat An-Nisa ditemani oleh sebagian dari Surat Ali Imran – sedangkan pada Juz 6, komposisi Surat An-Nisa ditemani oleh sebagian Surat Al-Maaidah. Dengan demikian bisa dikatakan Juz 5 murni menerima potensi (sebagian) Surat An-Nisa tanpa ada Surat lainnya. Jelas, komposisi dan struktur Juz yang demikian membuat pengaruh Surat An-Nisa pada Juz 5 sangat begitu kuat.

Orang Juz 5 dalam beberapa sifat yang menonjol sama dengan orang yang ber-Juz 4, seperti sifat sangat peduli dan bertanggung jawabnya terhadap anak serta pasangan hidupnya. Perasaan yang halus, sensitif, romantis mewarnai sikapnya sehari-hari. Terkadang muncul ketergantungan, rasa tidak PD serta rasa takut yang berlebihan pada dirinya ketika dihadapkan permasalahan yang menegangkan.

Umumnya orang yang dipengaruhi Juz 5 – bersikap mudah mengalah, tidak tegaan, menghindari atau lari dari benturan. Jika Anda memiliki putra yang ber-Juz 5 maka Anda harus melatih mentalnya dengan baik agar perasaannya tidak menjadi komandan serta keberaniannya berkembang dengan baik.

Umumnya jika Juz 5 marah, maka marahnya dipendam kecuali jika pada potensi dasar MNK-nya yaitu misalnya jika ia memiliki potensi surat Al-Lahab. Jika kurang spiritualnya – ada potensi keras kepala pada orang yang ber-juz 5, yang tentu saja dapat mengganggu komunikasinya dengan sesama.

content top